Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMAN 4 Yogyakarta

Simamora, Arusma Linda (2013) Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMAN 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arusma-linda-simamora-11703251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan manajemen bimbingan dan konseling di SMAN 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah evaluatif. Subjek penelitian adalah semua guru bimbingan dan konseling, Kepala Sekolah, waka kurikulum, waka urusan kesiswaan, guru mata pelajaran, wali kelas, siswa, dan orangtua siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancaram dan studi dokumen. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Manajemen bimbingan dan konseling di SMAN 4 Yogyakarta terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, belum semuanya dilakukan optimal. (1) Perencanaan program BK didasarkan pada analisis kebutuhan siswa, bersifat fleksibel, namun belum berdasarkan analisis lingkungan (2) Pengorganisasian BK, pembagian tugas sesuai dengan mekanisme namun terkendala waktu karena banyak tugas guru BK di luar BK, konselor dan konseli belum seimbang. (3) Pelaksanaan BK, belum menggunakan model BK komprehensif, beberapa layanan belum dilakukan optimal karena banyaknya tugas guru BK di luar kegiatan BK. (4) Pengawasan BK belum dilakukan optimal sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 May 2014 00:15
Last Modified: 03 Jan 2023 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item View Item