Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta

Jamali, Arif (2013) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-jamali-11703254001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa; (2) pengaruh tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru; (3) pengaruh langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa; (4) pengaruh tidak langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru; (5) pengaruh langsung antara motivasi berprestasi guru dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah 318 guru SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta dengan sampel 200 orang yang dipilih dengan teknik proportional sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dengan jawaban berskala 1–4, terdiri atas 67 butir pertanyaan. Validitas instrumen meliputi validitas logis (experts’ judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Reliabilitas dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa, dengan sumbangan efektif 5.52%; (2) terdapat pengaruh tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru, yang ditunjukkan dengan sumbangan efektif sebesar 32.09%; (3) tidak terdapat pengaruh langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa; (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru, yang ditunjukkan dengan sumbangan efektif sebesar 1.04%; (5) terdapat pengaruh langsung antara motivasi berprestasi guru dengan prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan sumbangan efektif sebesar 47.06%. Jadi secara keseluruhan sumbangan yang diberikan oleh kompetensi manajerial kepala sekolah, lingkungan sekolah, motivasi berprestasi guru baik secara langsung maupun tidak terhadap prestasi belajar siswa sebesar 85,71%. Hal ini berarti jika kompetensi manajerial kepala sekolah, lingkungan sekolah dan motivasi berprestasi guru ditingkatkan kualitasnya maka akan berkontribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi manajerial kepala sekolah, lingkungan sekolah, motivasi berprestasi guru, prestasi belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 May 2014 00:14
Last Modified: 02 Jan 2023 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item