Persepsi Warga Sekolah Terhadap Program Percepatan Belajar di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang

Suwarto, Albertus (2013) Persepsi Warga Sekolah Terhadap Program Percepatan Belajar di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-albertus-suwarto-07703254012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program percepatan belajar di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang tahun pelajaran 2010/2011 dilihat dari: 1) konteks program berupa dukungan pemerintah, masyarakat, dan penyelenggara sekolah dalam pelaksanaan PPB, 2) input program berupa karakteristik siswa, kompetensi guru, kurikulum dan sarana prasarana PPB, 3) proses pelaksanaan program berupa proses pembelajaran dan pengelolaan administrasi pembelajaran PPB, dan 4) output program berupa prestasi akademis dan non akademis PPB. Penelitian ini mendeskripsikan persepsi subyek penelitian terhadap pelaksanaan Program Percepatan Belajar. Deskripsi mencakup komponen Contex, Input, Process, dan Product (CIPP). Pengambilan data dilakukan dengan metode kuesioner untuk data kuantitatif dan dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi untuk data kualitatif. Instrumen kuesioner setelah disusun dilakukan pengujian validitas isi dan validitas konstruk sebelum digunakan untuk pengambilan data. Analisis data dilakukan secara deskriptif dalam bentuk kategori dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan program PPB di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang menurut persepsi warga sekolah sebagai berikut: pertama, konteks pelaksanaan PPB yaitu (a) dukungan pemerintah, (b) dukungan masyarakat, (c) dukungan pihak yayasan, dan (d) komitmen pengelola telah menunjukkan hasil sangat tinggi 23,3%, tinggi 39,5% (jumlah nilai kategori tinggi dan sangat tinggi,62,8%). Skor tertinggi pada indikator komitmen pengelola dan terendah pada dukungan pemerintah. Kedua, input program yaitu (a) karateristik siswa, (b) karakteristik guru, (c) karekteristik kurikulum dan (d) ketersediaan sarana prasarana pendidikan menunjukkan hasil sangat tinggi 16,7% dan tinggi 68,5% (jumlah nilai kategori tinggi dan sangat tinggi, 85,2%). Hal ini berarti bahwa pelaksanaan PBB dari sisi input secara keseluruhan telah dapat dilaksanakan dengan baik. Ketiga, proses pelaksanaan program yaitu: (a) administrasi KBM dan (b) kegiatan belajar mengajar (KBM) menunjukkan hasil kategori sangat tinggi 5,6% dan tinggi 74,1% (jumlah nilai kategori tinggi dan sangat tinggi, 79,7%). Hal ini berarti bahwa pelaksanaan PBB di PPB di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang dari sisi proses secara keseluruhan telah dapat dilaksanakan dengan baik. Keempat, produk pelaksanaan program yaitu: (a) ujian/test formatif, (b) ujian/test semester, (c) ujian nasional dan (d) prestasi kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan hasil evaluasi kategori sangat tinggi 11,1% dan tinggi 63% (jumlah nilai kategori tinggi dan sangat tinggi,74,1%). Hal ini berarti bahwa pelaksanaan PBB dari sisi produk secara keseluruhan telah dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Program Percepatan Belajar, CIPP
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 07:54
Last Modified: 08 May 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item View Item