Kerancuan Pemakaian Bahasa Jawa dari Segi Fono-Ortografis dan Oto-Fonologis Ragam Lisan Maupun Tulisan pada Tayangan Pawartos Ngayogyakarta di Jogja

Qurniawati, Zuly (2013) Kerancuan Pemakaian Bahasa Jawa dari Segi Fono-Ortografis dan Oto-Fonologis Ragam Lisan Maupun Tulisan pada Tayangan Pawartos Ngayogyakarta di Jogja. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zuly-qurniawati-09706251038.swf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Jawa dalam tayangan berita Pawartos Ngayogyakarto belum cukup sempurna karena masih ditemukan kesalahan atau kerancuan fono-ortografis dan oto-fonologis dalam pemakaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kerancuan fono-ortografis dan oto-fonologis pada Bahasa Jawa ragam lisan dan tulis dalam berita Bahasa Jawa di Jogja TV. (2) mengetahui penyebab kerancuan fono-ortografis dan oto-fonologis pada Bahasa Jawa ragam lisan dan tulis dalam berita Bahasa Jawa di Jogja TV. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan linguistik yang dalam pelaksanaannya menerapkan metode penelitian linguistik. Penelitian ini mengambil data dari lapangan dan kepustakaan. Data utama penelitian ini adalah data lisan, berupa tuturan dalam siaran berita Jogja TV serta wawancara dengan pembaca berita dan juga naskah yang dibaca oleh pembaca berita. Sampel penelitian ini adalah tuturan dalam siaran berita Pawartos Ngayogyakarta yang disiarkan di Jogja TV selama satu bulan di bulan Januari 2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada empat teknik, yaitu teknik rekam, teknik catat, teknik simak dan teknik cakap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan fono-ortografis yang terjadi diantaranya pada fonem vokal /I/,/i/,/e/,/a/,/ǝ/,/o/,/u/, dan konsonan /dh/,/d/,/t/, /th/. Adapun kesalahan dari segi oto-fonologis yang terjadi adalah pada fonem vokal /I/, /i/, /e/, /a/, /ǝ/, /ɛ/,/o/,/u/,/U/,/ɔ/, dan konsonan /ḍh/,/dh/,/ṭ/,/t/. Kesalahan yang terjadi diakibatkan oleh latar belakang sosial budaya dan pendidikan pembaca berita di mana tidak semua pembaca berita berasal dari daerah Jawa Tengah dan DIY serta tidak semua memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fono-ortografis – oto-fonologis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 07:52
Last Modified: 08 May 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item