Keefektifan Strategi REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) dan Strategi Request (Reciprocal Questioning) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Herlang, Sulawesi Selatan

Sukma, Sukma (2013) Keefektifan Strategi REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) dan Strategi Request (Reciprocal Questioning) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Herlang, Sulawesi Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sukma-10706251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya keefektifan penggunaan strategi REAP dan strategi Request serta belum diketahuinya strategi mana yang lebih efektif diantara kedua strategi tersebut dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Herlang, Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasiperbedaan keefektifan: (1) antara penggunaan strategi REAP dengan strategitradisional, (2) antara penggunaan strategi Request dengan strategitradisional, dan (3)penggunaan strategi REAP dengan strategi Request dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Herlang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen.Desain eksperimen yang digunakan adalah Randomized Pretest-Posttest Control Group Designdengan dua kelompok eksperimen, masing-masing diberi perlakuan dengan strategi REAP dan strategi Request, serta satu kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Herlang.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2, VIII.3, dan VIII.4 yang ditetapkan dengan menggunakan teknik simplerandom sampling.Siswa kelas VIII.2 sebagai kelompok eksperimen 1, siswa kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen 2, dan siswa kelas VIII.4 sebagai kelompok kontrol.Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi.Reliabilitas instrumen dinyatakan baik dengan r (pretest) = 0,875 dan r (posttest) = 0,835 Data dianalisis dengan menggunakan One Way Analysis of Variance (Anova) dilanjutkan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan keefektifan dalam pembelajaran dengan strategi REAP, strategi Request, dan tradisional dengan F = 43,315 dan sig.(p)= 0,000< 0,05. Hasil analisis uji Scheffe secara rinci menunjukan bahwa (1) strategi REAPlebihefektif dibandingkan dengan strategitradisional dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan sig.(p)= 0,000 < 0,05, (2) strategi Requestlebih efektif dibandingkan dengan strategitradisional dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan sig.(p)= 0,000 < 0,05, dan (3) strategi REAPlebih efektif dibandingkan dengan strategi Request dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan mean difference sebesar 4,96875 dan sig.(p)= 0,031 < 0,05. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi REAP merupakan strategiyang paling efektif dibandingkan dengan strategi Requestdanstrategitradisional dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi REAP, strategi Request, membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 04:00
Last Modified: 29 Nov 2022 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item