Pengembangan Media Pembelajaran bahasa Inggris Berbasis Komputer untuk Keterampilan Menyimak bagi Siswa SMA Kelas X.

Choirunnisa, Septin (2013) Pengembangan Media Pembelajaran bahasa Inggris Berbasis Komputer untuk Keterampilan Menyimak bagi Siswa SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-septin-choirunnisa-11706251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer untuk keterampilan menyimak bagi siswa SMA kelas X dan (2) mengukur kualitas media pembelajaran hasil pengembangan tersebut ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, dan media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model dan prosedur pengembangan media ini diadaptasi dari model dan prosedur pengembangan Borg & Gall, Dick & Carey dan Criswell. Pengembangan media pembelajaran ini melalui empat tahap, yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan media, produksi media, dan validasi media dan revisi. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa MA Sunan Pandanaran Yogyakarta kelas X sebanyak 45 siswa yang terdiri tiga orang siswa untuk uji coba satu-satu, 12 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 30 orang siswa untuk uji coba lapangan. Validator dalam penelitian ini adalah satu ahli materi dan satu ahli media. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, lembar evaluasi, lembar observasi, dan tes tertulis. Data yang diperoleh berupa skor hasil penilaian mengenai kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan, komentar, saran dan skor tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer untuk keterampilan menyimak dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan media. (2) Kualitas media pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer untuk keterampilan menyimak bagi siswa SMA kelas X ditinjau dari aspek materi dinilai baik dengan rata-rata skor sebesar 4,20; ditinjau dari aspek pembelajaran dinilai sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 4,28; dan ditinjau dari aspek media dinilai baik dengan rata-rata skor 4,10. Secara keseluruhan, kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dinilai baik dengan rata-rata skor sebesar 4,19.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer, listening
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 03:37
Last Modified: 24 Nov 2022 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11068

Actions (login required)

View Item View Item