Hubungan Minat Membaca, Fasilitas Orang Tua, dan Pemberian Tugas Membaca di Sekolah dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Brebes

Romafi, Romafi (2013) Hubungan Minat Membaca, Fasilitas Orang Tua, dan Pemberian Tugas Membaca di Sekolah dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Brebes. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Romafi.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) hubungan minat membaca (X1)dengan kemampuan membaca pemahaman (Y); (2)hubungan fasilitas orang tua (X2) dengan kemampuan membaca pemahaman (Y); (3) hubungan pemberian tugas membaca di sekolah (X3) dengan kemampuan membaca pemahaman (Y); dan (4) hubungan minat membaca (X1), fasilitas orang tua (X2), pemberian tugas membaca di sekolah (X3) secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman (Y) pada siswa kelas VIII SMP negeri di Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP negeri di Kabupaten Brebes. Sampel sebanyak 387 siswa ditentukan dengan teknik stratified random sampling berdasarkan strata akreditasi sekolah A, B, dan C. Uji coba instrumen dilaksanakan terhadap 35 siswa dan membuktikan bahwa semua instrumen pada penelitian ini memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi sederhana, korelasi parsial, dan korelasi ganda. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS 17 For Windows. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) X1 berhubungan positif dan signifikan dengan Y dikontrol X2danX3 (ry1-23=0,294, p<0,0001) dan kontribusi X1 terhadap Y sebesar 10,6%. (2)X2berhubungan positif dan signifikan dengan Y dikontrol X1 dan X3(ry2-13=0,302, p<0,0001) dan kontribusi X2terhadap Y sebesar 12,4%. (3) X3berhubungan positif dan signifikan dengan Ydikontrol X1 dan X2(ry3-12=0,255, p<0,0001) dan kontribusi X3 terhadap Y sebesar 4,6%. (4) X1, X2, dan X3 secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan dengan Y mendapatkan Ry-123= 0,489 dengan p < 0,0001. Kontribusi X1 (minat membaca), X2 (fasilitas orang tua), dan X3 (pemberian tugas membaca di sekolah) terhadap kemampuan membaca pemahaman (Y) sebesar 48,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 03:37
Last Modified: 08 May 2019 15:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11066

Actions (login required)

View Item View Item