Pengembangan Program Multimedia untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP di Banjarbaru

Hidayat, Rahmad (2013) Pengembangan Program Multimedia untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP di Banjarbaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmad-hidayat-10706259035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah, antara lain kesulitan guru dalam memperoleh program multimedia yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan, dan perlunya dikembangkan program multimedia pembelajaran yang layak digunakan dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Penelitian pengembangan ini ditujukan untuk menghasilkan program multimedia interaktif berbasis Flash yang dirancang untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP kota Banjarbaru. Penelitian ini juga mengukur kualitas program multimedia yang dihasilkan ditinjau dari validasi ahli, penilaian pengguna dan hasil pretest-posttest. Pengembangan program ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu: (1) tahap analisis awal yang meliputi observasi, analisis kebutuhan guru dan siswa, analisis silabus, dan penetapan topik dan materi; (2) tahap desain yang meliputi penyusunan course grid, pembuatan flowchart dan storyboard, dan pengumpulan materi gambar dan audio; (3) tahap pengembangan program yang meliputi pengemasan produk dengan Flash dan pemasangan kode ActionScript; (4) tahap evaluasi yang meliputi validasi ahli materi dan ahli media, ujicoba di kelas dan revisi produk; dan (5) tahap pengemasan produk akhir. Subjek ujicoba adalah siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMPN 11 Banjarbaru. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi, angket guru dan siswa, dan pretest-posttest. Data diperoleh dari validasi produk oleh ahli materi dan media, tanggapan pengguna, dan hasil pretest-posttest. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kualitas program dari segi materi dan media termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata skor masing-masing 4,30 dan 4,44; (2) hasil penilaian guru dan siswa pada ujicoba menunjukkan bahwa program masuk dalam kategori baik dengan rerata skor oleh guru 3,79 dan oleh siswa 4,18; dan (3) terdapat peningkatan antara hasil pretest (rerata skor 61,33) dengan hasil posttest (rerata skor sebesar 85,2). Hal ini menunjukan bahwa program multimedia yang dikembangkan cocok dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan program, multimedia, kosakata, Flash
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2014 01:13
Last Modified: 25 Nov 2022 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11058

Actions (login required)

View Item View Item