Uji Keterbacaan Wacana pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Wonogiri dengan Teknik Cloze

Widyaningsih, Nina (2013) Uji Keterbacaan Wacana pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Wonogiri dengan Teknik Cloze. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nina-widyaningsih-06706251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks BSE bahasa Indonesia SD kelas V di Kecamatan Wonogiri dengan menggunakan alat ukur uji keterbacaan teknik cloze. Mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks NONBSE bahasa Indonesia SD kelas V di Kecamatan Wonogiri dengan menggunakan alat ukur uji keterbacaan teknik cloze. Mendeskripsikan perbedaan tingkat keterbacaan wacana antara buku teks BSE dengan buku teks NONBSE setelah diukur dengan alat ukur uji keterbacaan teknik cloze. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis konten. Populasi buku adalah duabelas buku teks bahasa Indonesia yang digunakan di SDN Kecamatan Wonogiri dan terbagi dalam delapan populasi BSE dan empat populasi NONBSE. Populasi sekolah berjumlah limapuluh SD Negeri di Kecamatan Wonogiri. Penarikan sampel dari populasi buku dilakukan dengan teknik penarikan sampel acak proporsional masing-masing mewakili 25% dari populasi dan diperoleh dua buku BSE dan satu buku NONBSE sebagai sampel penelitian ini. Penarikan sampel dari populasi sekolah dilakukan dengan cara penarikan acak berstrata, pada limapuluh SDN di Kecamatan Wonogiri yang terbagi dalam tiga kategori sekolah berdasarkan hasil UN. Dengan undian kertas bergulung pada masing-masing kategori diambil dua SDN sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data dengan meminta responden mengerjakan lembar jawab tes cloze secara objektif. Teknik analisis data dengan mengoreksi lembar tes cloze sesuai kunci jawaban dengan metode eksak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat keterbacaan wacana pada BSE 1 menghasilkan persentase rerata skor keterbacaan 57,60% dan sesuai penafsiran interpretasi hasil tes cloze termasuk pada kategori instruksional berada pada kisaran 40%-60% dan tingkat keterbacaan BSE 2 menghasilkan persentase rerata skor keterbacaan 59,64% dan sesuai penafsiran interpretasi hasil tes cloze termasuk pada kategori instruksional berada pada kisaran 40%-60%; (2) tingkat keterbacaan NONBSE menghasilkan persentase rerata skor keterbacaan 56,55% dan sesuai penafsiran interpretasi hasil tes cloze termasuk pada kategori instruksional berada pada kisaran 40%-60%; (3) hasil uji keterbacaan wacana pada buku BSE dan NONBSE menunjukkan sama-sama menunjukkan presentase yang berada pada kategori instruksional dan sesuai penafsiran interpretasi hasil tes cloze masuk dalam kategori kisaran 40%-60%. Dengan demikian kedua jenis buku tersebut dapat digunakan dan dipahami oleh siswa dengan arahan dan bimbingan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterbacaan wacana, alat ukur uji keterbacaan teknik cloze, tingkat keterbacaan wacana BSE dan NONBS
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2014 00:09
Last Modified: 29 Nov 2022 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11053

Actions (login required)

View Item View Item