Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Jerman Pelajaran Pelayanan Restoran Di Yotabakti Marine Hotel Training School Yogyakarta

Handayani, Melly (2013) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Jerman Pelajaran Pelayanan Restoran Di Yotabakti Marine Hotel Training School Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-melly-handayani-11706251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran, yaitu multimedia berbantuan komputer yang berisi materi pelajaran dan latihan untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman yang layak digunakan, (2) mendeskripsikan proses pengembangan produk multimedia pembelajaran bahasa Jerman pelajaran pelayanan di restoran, dan (3) mendeskripsikan hasil evaluasi multimedia dan hasil uji coba lapanganpada proses pembelajaran bahasa Jerman. Proses validasi multimedia melibatkan dua orang dosen ahli, yaitu satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Uji coba terbatas dilakukan pada satu orang pengajar bahasa Jerman dan empat orang peserta didik. Uji coba lapangan melibatkan 2 orang pengajar bahasa Jerman dan 10 orang peserta didik. Saran dosen ahli, pengajar bahasa Jerman, dan peserta didik pada proses validasi dijadikan dasar dalam merevisi media yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Langkah pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Jerman yang digunakan adalah (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, meliputi desain pembelajaran dan desain multimedia, (3) pengembangan produk, (4) evaluasi produk, meliputi validasi dosen ahli dan uji coba terbatas, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, dan (7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukan kualitas multimedia pembelajaran bahasa Jerman menurut dosen ahli materi adalah sangat baik dengan nilai A (skor 4,92) dan kualitas media menurut ahli media adalah baik dengan nilai B (skor 4,00). Kualitas multimedia menurutdua orang pengajar bahasa Jerman Yotabakti adalah sangat baik dengan nilai A (rata-rata skor 4,65) dan menurut peserta didik adalah baik dengan nilai B (rata-rata skor 3,96). Dari 10 orang peserta didik, 80% peserta didik mencapai nilai KKM dan hasil observasi peserta didik menunjukan 100% respon peserta didik terhadap multimedia yang dikembangkan saat pembelajaran berlangsung adalah sangat baik. Dengan demikian multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan berbicara pada pelajaran pelayanan restoran di Yotabakti Marine Hotel Training School Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, multimedia, keterampilan berbicara, pelayanan restoran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2014 00:08
Last Modified: 24 Nov 2022 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item