Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Kalabahi-Alor melalui Self-Editing and Self-CorrectingBerdasarkan Analisis Kesalahan Tata Bahasa dan Kosakata

Obisuru, Mathelda (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Kalabahi-Alor melalui Self-Editing and Self-CorrectingBerdasarkan Analisis Kesalahan Tata Bahasa dan Kosakata. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mathelda-obisuru-11706251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis bahasa Inggrismelalui self-editing and self-correcting,(2)meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa melalui self-editing and self-correctingberdasarkan analisis kesalahan tata bahasa dan kosakata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kalabahi, dari bulan Februari sampai dengan April 2013 pada kelas XI Bahasa. Data dikumpulkan melalui observasi dan hasil tes menulis siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua tindakan, dan setiap tindakan terdiri dari empat langkah tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan tes menulis, dan instrumen yang digunakan yaitu tes menulis dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaproses pembelajaran self-editing and self-correctingmeningkatkanmotivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis, serta meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Peningkatan motivasi dan keaktifan siswa ini dapat dilihat selama proses pembelajaran menulis dimana siswa bisa menemukan, mengedit, dan mengoreksi kesalahan yang mereka buat dalam tulisan mereka.Peningkatan kemampuan menulis dapat dilihat dari adanya perbedaan hasil analisis kesalahan pada pra tindakan, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil analisis pra tindakan menemukan 29,16% siswa memperoleh skor minimal 70, siklus I menemukan 60% siswa memperoleh skor minimal 70, dan siklus II 86,21% siswa memperoleh skor minimal 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis kesalahan tata bahasa dan kosakata yang digunakan sebagai landasan pembelajaran menulis melalui self-editing and self-correctingterbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, tata bahasa dan kosakata, self-editing and self correcting, kemampuan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2014 00:08
Last Modified: 28 Nov 2022 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11049

Actions (login required)

View Item View Item