Kesadaran Mahasiswa dalam Menggunakan Strategi Belajar Bahasa dalam Membaca

Sari, Lusiana Indra (2013) Kesadaran Mahasiswa dalam Menggunakan Strategi Belajar Bahasa dalam Membaca. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lusiana indra sari-10706251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil kesadaran strategi belajar bahasa dalam membaca pada mahasiswa berhasil dan mahasiswa kurang berhasil, 2) kesadaran mahasiswa berhasil dalam menggunakan strategi belajar bahasa dalam membaca, dan 3) kesadaran mahasiswa kurang berhasil dalam menggunakan strategi belajar bahasa dalam membaca. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Jumlah subjek yang diteliti adalah enam mahasiswa. Data diperoleh dari wawancara dan observasi pada keenam mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data. Untuk mengetahui intensitas mahasiswa dalam menggunakan strategi belajar bahasa dalam membaca, penelitian ini menggunakan lima skala Likert. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, pada profil kesadaran strategi belalajar bahasa dalam membaca, mahasiswa berhasil memiliki kesadaran yang lebih tinggi daripada mahasiswa kurang berhasil. Kedua, mahasiswa berhasil lebih sering menyiapkan dan merencanakan belajar mereka (Mean = 11). Pada komponen memilih dan menggunakan strategi belajar, mahasiswa berhasil menggunakan lebih banyak strategi dan mereka lebih sering menggunakan strategi tersebut (Mean = 15). Mahasiswa berhasil menyadari strategi belajar yang mereka gunakan dan alasan mereka menggunakan strategi tersebut. Pada komponen memonitor penggunaan strategi belajar, mahasiswa berhasil lebih sering memonitor penggunaan strategi mereka (Mean = 12). Pada komponen menggunakan bermacam-macam strategi belajar, mahasiswa berhasil mampu memilih strategi belajar yang tepat untuk tugas-tugas tertentu dan mereka memiliki intensitas yang tinggi dalam menggunakan strategi tersebut (Mean = 12). Pada komponen mengevaluasi penggunaan strategi belajar, mahasiswa berhasil lebih sering mengevaluasi penggunaan strategi belajar dan mereka biasanya mengevaluasi strategi belajar mereka dengan cara masing-masing (Mean = 12). Ketiga, mahasiswa kurang berhasil memiliki persiapan dan perencanaan belajar yang rendah (Mean = 7). Mahasiswa kurang berhasil hanya sekali-kali menggunakan strategi belajar (Mean = 9) dan memonitor penggunaan strategi belajar tersebut (Mean = 4). Mahasiswa kurang berhasil tidak fokus pada penggunaan strategi tertentu dalam tugas-tugas tertentu, dan mereka masih kurang dalam penggunaan strategi belajar yang berkelanjutan. Mahasiswa kurang berhasil hanya sekali-kali mengevaluasi penggunaan strategi belajar mereka (Mean = 4).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2014 05:12
Last Modified: 29 Nov 2022 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11048

Actions (login required)

View Item View Item