Kesalahan Penggunaan Deiksis dalam Karangan Mahasiswa pada Niveau A2 di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang: Analisis Pragmatik

Afifah, Lilis (2013) Kesalahan Penggunaan Deiksis dalam Karangan Mahasiswa pada Niveau A2 di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang: Analisis Pragmatik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lilis-afifah-11706251034.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam penggunaan deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu dalam karangan mahasiswa pada Niveau A2 di Jurusan Sastra Jerman UM. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan deiksis tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah karangan mahasiswa yang dihasilkan dalam matakuliah Aufsatz II. Objek penelitiannya adalah deiksis, yaitu deiksis yang mengandung kesalahan dan terfokus pada deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu. Proses pengumpulan data menggunakan metode simak yang terdiri dari teknik dasar yang berwujud teknik sadap dan dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrument). Keabsahan data dicapai melalui intrarater dan interrater. Intrarater dilakukan melalui penyimakan berulang-ulang secara cermat dan fokus terhadap objek penelitian. Langkah interrater diperlukan untuk mengecek kebenaran interpretasi yang dihasilkan oleh peneliti. Selanjutnya data dianalisis dengan metode agih. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Dalam karangan mahasiswa pada Niveau A2 di Jurusan Sastra Jerman UM ditemukan kesalahan-kesalahan yang terkandung dalam deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu. Kesalahan deiksis persona diwujudkan dalam enam bentuk pronomina, yaitu pronomina persona, pronomina relatif, pronomina indefinit, pronomina demonstratif, dan pronomina posesif. Kesalahan deiksis tempat diwujudkan dalam adverbia dan verba. Kesalahan deiksis waktu diwujudkan dalam adverbia dan kala. Terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, yaitu interferensi, over generalisasi, strategi komunikasi, elemen pembelajaran bahasa asing, kurangnya kontras, kondisi sosial psikologis pembelajar, efek domino, dan redundansi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, deiksis, karangan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 May 2014 05:13
Last Modified: 07 Jun 2016 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item