Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Mendongeng di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangduwur dan TK Masyithoh Petanahan Kabupaten Kebumen

Fitriyyah, Di'amah (2013) Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Mendongeng di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangduwur dan TK Masyithoh Petanahan Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-di'amah-fitriyyah-11706251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pendidikan karakter melalui kegiatan mendongeng di TK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai karakter yang terdapat dalam dongeng, (2) penyampaian dongeng oleh guru, dan (3) nilai-nilai karakter yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari siswa di TK ABA dan TK Masyithoh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif naturalistik. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di TK ABA dan TK Masyithoh. Objek penelitian ini adalah pendidikan karakter melalui kegiatan mendongeng. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penggunaan dokumen dengan instrumennya adalah peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Keabsahan dilakukan dengan triangulasi yaitu berupa triangulasi teknik dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai karakter yang muncul dalam dongeng yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, tanggung jawab, toleransi, demokratis, cinta damai, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan peduli sosial; (2) penyampaian dongeng dilakukan dengan membacakan dongeng dari buku, bercerita langsung tanpa alat peraga, bercerita dengan alat peraga; (3) nilai karakter yang berpengaruh pada siswa yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, cinta damai, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Gaya bercerita yang digunakan oleh guru yaitu menirukan gaya tokoh, menirukan bunyi-bunyi tokoh, dan menyisipi dongeng dengan nyanyian, diakhiri dengan penyampaian hikmah atau nasihat yaitu dengan menyisipkan ayat Quran, Hadis, atau pepatah Arab.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2014 04:06
Last Modified: 24 Nov 2022 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item