Pengaruh Media Film terhadap Hasil Belajar Menyimak (Chookai) dengan Minat Belajar Bahasa Jepang sebagai Variabel Moderasi di Universitas Teknologi Yogyakarta

Handini, Baiq Suprapti (2013) Pengaruh Media Film terhadap Hasil Belajar Menyimak (Chookai) dengan Minat Belajar Bahasa Jepang sebagai Variabel Moderasi di Universitas Teknologi Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-baiq-suprapti-handini-10706251016.swf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jepang di FBUTY terletak pada belum dimanfaatkannya media film dalam menyimak (Chookai). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar menyimak kelompok yang menggunakan media film dan tanpa media film; (2) perbedaan minat belajar yang menggunakan media film dan tanpa media film; dan (3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Chookai. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang semester IV FBUTY yang berjumlah 40 orang, dengan pertimbangan sudah mengikuti mata kuliah Chookai 1-3. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media film dan kelompok kontrol yang tanpa menggunakan media film. Instrumen penelitian adalah tes untuk mengukur hasil belajar Chookai dan angket untuk mengetahui minat belajar bahasa Jepang mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T, uji F dan anova dua jalur Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar menyimak, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji T yang diperoleh sebesar sig. 0.024 < 0.05 ini berarti Hₐ diterima; (2) ada perbedaan minat belajar bahasa Jepang mahasiswa yang menggunakan media film dan tanpa media film yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.006 < 0.05, jadi Hₐ diterim; dan (3) terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Chookai yang ditunjukkan dengan memperoleh nilai p-value sebesar. 0.00 < 0.05 sehingga Hₐ diterima. Dari hasil anova dua jalur ditemukan nilai sebesar 0.900 > 0.05 yang berarti bahwa tidak ada interaksi antara media dan minat belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Film, Minat, Hasil Belajar, Chookai
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2014 06:49
Last Modified: 08 May 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item