Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII Menggunakan Student Teams-Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 7 Kusan Hilir

Kusuma, Baiq Nidiah (2013) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII Menggunakan Student Teams-Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 7 Kusan Hilir. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-baiq nidiah kusuma-10706259031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Kusan Hilir tahun ajaran 2011/2012 melalui Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain Kemmis dan MacTaggart. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang dilaksanakan ke dalam sepuluh pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kusan Hilir. Data diperoleh dengan mengobsrvasi proses belajar mengajar, wawancara siswa dan guru, mengambil gambar, dan merekam proses belajar mengajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, rekorder dan video rekorder. Data yang dikumpulkan dalam bentuk catatan lapangan, transkrip wawancara, gambar, rekaman suara dan video. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh dengan menerapkan validitas demokratik, validitas dialogis, validitas katalik, validitas proses, dan validitas hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Kusan Hilir meningkat dengan menggunakan Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dengan menggunakan aktifitas yang menarik, menggunakan media, menggunakan beberapa aturan, memberikan siswa kesempatan untuk berbicara, melatih pengucapan siswa, kerja kelompok, menggunakan kelas bahasa Inggris meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Beberapa aspek keterampilan berbicara seperti cara pengucapan, kosa kata, tata bahasa, dan kelancaran meningkat. Hubungan antar siswa dan dengan guru, perhatian siswa terhadap materi pelajaran bahasa Inggris, pemahaman siswa terhadap materi bahasa Inggris, motivasi, rasa percaya diri dan menejemen kelas meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2014 06:49
Last Modified: 25 Nov 2022 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11025

Actions (login required)

View Item View Item