Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP N 1 Banyumas

Rahardini, Astiana Ajeng (2013) Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP N 1 Banyumas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-astiana-ajeng-rahardini-11706251041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, nilai, dan fungsi kesantunan tindak tutur berbahasa Jawa dalam interaksi antara guru dan siswa khususnya ketika pembelajaran bahasa Jawa di SMP N 1 Banyumas serta implikasinya bagi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang didukung data kuantitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP N 1 Banyumas masing-masing satu kelas dan juga dua orang guru bahasa Jawa yang mengampu mata pelajaran bahasa Jawa di kelas tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode simak, teknik rekam, dan teknik catat. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi tahap identifikasi; klasifikasi; kodifikasi; deskripsi, interpretasi, dan inferensi kesantunan berbahasa berdasarkan bentuk, nilai, dan fungsi kesantunan tindak tutur berbahasa Jawa. Penelitian ini menghasilkan empat temuan. (1) Bentuk kesantunan berbahasa Jawa guru direpresentasikan dalam modus deklaratif atau berbentuk kalimat berita, modus interogatif atau berbentuk kalimat pertanyaan, modus imperatif atau berbentuk kalimat perintah, dan sambawa yang merepresentasikan jenis tindak tutur direktif, ekspresif, dan komisif. Sementara itu, bentuk kesantunan berbahasa Jawa siswa direpresentasikan dalam modus deklaratif atau berbentuk kalimat berita, modus interogatif atau berbentuk kalimat pertanyaan, dan modus imperatif atau berbentuk kalimat perintah yang merepresentasikan jenis tindak tutur direktif dan ekspresif. (2) Nilai kesantunan berbahasa Jawa dipengaruhi oleh nilai kesantunan aspek isi tuturan dan nilai kesantunan penggunaan unggah-ungguh basa yang didukung aspek non-kebahasaan. Nilai kesantunan berbahasa dilihat dari isi tuturan guru dan siswa yang mematuhi prinsip kebijaksanaan, prinsip formalitas-tepa selira, prinsip penghargaan dan kerendahan hati-andhap asor, dan prinsip ketidaklangsungan. Nilai kesantunan berbahasa Jawa guru dan siswa juga dipengaruhi penggunaan unggah-ungguh basa yang digunakan untuk berinteraksi. Nilai kesantunan isi tuturan dan penggunaan unggah-ungguh basa berkisar dari skala sangat santun sampai dengan tidak santun. (3) Fungsi kesantunan berbahasa yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi fungsi kompetitif dan fungsi menyenangkan. (4) Implikasi hasil penelitian meliputi penggunaan bentuk-bentuk kesantunan berbahasa Jawa untuk menyamankan interaksi pembelajaran, peningkatan nilai kesantunan tuturan dengan memperhatikan isi tuturan dan penggunaan unggah-ungguh basa yang benar, dan penggunaan fungsi kesantunan menyenangkan dan ungkapan penanda kesantunan untuk tindak tutur direktif dan ekspresif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa jawa, interaksi pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2014 06:49
Last Modified: 28 Nov 2022 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11024

Actions (login required)

View Item View Item