Pratiwi, Anggia Suci (2013) Pengembangan Media Game Digital Edukatif untuk Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-anggia-suci-pratiwi-11706251021.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game digital edukatif yang efektif untuk pembelajaran menulis laporan perjalanan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Media game digital edukatif yang dikembangkan ini sudah divalidasi oleh ahli dan diujicobakan di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D melalui tahapan analisis kebutuhan, pembuatan desain game, validasi produk, uji coba lapangan, dan uji keefektifan media. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII G SMP Negeri 6 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, angket, dan tes. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan selama uji coba di kelas, hasil wawancara dengan guru, komentar dan saran dari para ahli dan siswa, skor hasil validasi, dan skor hasil pretest dan posttest. Data hasil pengamatan, hasil wawancara, komentar dan saran dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data berupa skor hasil validasi ahli dan siswa serta skor hasil pretest dan posttest dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Berdasarkan analisis kebutuhan diketahui bahwa keterampilan menulis perlu mendapat prioritas pengembangan dan menulis cukup sulit dikembangkan karena siswa kesulitan menyusun kalimat yang kohesi dan koheren, serta kesulitan dalam menuangkan ide tulisan. Media yang digunakan guru masih konvensional dan tidak bervariasi. Rata-rata siswa membutuhkan waktu lebih dari tiga puluh menit untuk menulis laporan perjalanan. Kriteria game yang layak digunakan untuk pembelajaran yaitu tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi, dan hal-hal yang dapat merusak moral. Jenis game yang paling disukai yaitu Role Playing Game dengan genre action. 2) Desain game ini berupa title page, menu, tombol main, narasi, level game, kolom petunjuk dan pertanyaan menulis laporan perjalanan, narasi, tayangan hasil tulisan, evaluasi game. 3) Validasi produk oleh ahli materi menunjukkan bahwa media game digital edukatif ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil rata-rata yaitu 4,67, sedangkan validasi ahli media termasuk dalam kategori baik dengan hasil rata-rata 4,21. Oleh karena itu, media game digital edukatif yang dikembangkan ini layak digunakan untuk pembelajaran menulis laporan perjalanan siswa SMP. 4) Dari uji coba lapangan diperoleh masukan bahwa game perlu petunjuk pada setiap tahap, petunjuk pengisian kolom diperjelas, volume suara ditinggikan, ditambah variasi rintangan, ditambah judul dan tujuan game, serta diminimalisir terjadinya bugs. Uji keefektifan dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung (4,543) > t tabel (30;0,05) adalah (1,697). Hal ini menunjukkan bahwa media game digital edukatif yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk pembelajaran menulis laporan perjalanan siswa SMP.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Game Digital Edukatif, Menulis Laporan perjalanan |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 May 2014 06:47 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11019 |
Actions (login required)
View Item |