Analisis Novel Bridge to Terabithia Karya Katherine Paterson dan Island of the Blue Dolphin Karya Scott O’Dell Sebagai Bahan Ajar Bahasa Inggris Bermuatan Pendidikan Karakter

Rajab, Abdu (2013) Analisis Novel Bridge to Terabithia Karya Katherine Paterson dan Island of the Blue Dolphin Karya Scott O’Dell Sebagai Bahan Ajar Bahasa Inggris Bermuatan Pendidikan Karakter. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdu-rajab-10706259033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan: (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam novel Bridge to Terabithia Karya Katherine Paterson dan Island of the Blue Dolphin karya Scott O’Dell, dan (2) sejauh mana novel-novel tersebut dapat dijadikan bahan ajar Bahasa Inggris bermuatan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Subjek penelitian ini adalah dua buah novel yaitu Bridge to Terabithia karya Katherine Paterson dan Island of the Blue Dolphin karya Scott O’Dell, sedangkan objek penelitiannya adalah isi cerita yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat sedangkan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri (human instrument) disertai dengan instrumen pendukung berupa kartu data dan tes tingkat pemahaman baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Dalam memuat nilai-nilai pendidikan karakter, novel Bridge to Terabithia karya Katherine Paterson dan Island of the Blue Dolphin karya Scott O’Dell memberikan penggambaran contoh nilai-nilai pendidikan karakter dengan frekuensi dan variasi yang tinggi juga dengan kualitas penggambaran yang kuat dan realistis. Novel Bridge to Terabithia karya Katherine Paterson menitikberatkan pada nilai persahabatan/komunikasi sedangkan novel Island of the Blue Dolphin karya Scott O’Dell menitikberatkan pada nilai kerja keras. Keduanya merupakan nilai yang penting dalam pendidikan karakter. (2) Sebagai karya sastra prosa, kedua novel ini memiliki bahasa yang imajinatif dan kisah yang inspiratif. (3) Sebagai bahan ajar, kedua novel ini relevan dengan tujuan pembelajaran Bahasa Inggris khususnya dalam pembelajaran genre teks narasi, ungkapan-ungkapan interpersonal, dan ungkapan-ungkapan transaksional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel Bridge to Terabithia Karya Katherine Paterson dan Island of the Blue Dolphin karya Scott O’Dell cukup representatif sebagai bahan ajar Bahasa Inggris bermuatan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Novel,Bahan Ajar Bahasa Inggris,Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2014 06:45
Last Modified: 29 Nov 2022 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11016

Actions (login required)

View Item View Item