Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Labuhan Badas melalui Teknik Permainan

Indrawati, Nani (2013) Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Labuhan Badas melalui Teknik Permainan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nani-indrawati-10706251049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah teknik permainan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Labuhan Badas.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Labuhan Badas melalui teknik permainan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan mengikuti alur: penentuan masalah, perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Labuhan Badas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B yang terdiri dari 40 orang siswa.Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui hasil tes kosakata siswa, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melaluicatatan lapangan, wawancara, danfoto.Data yang berupa nilai kosakata siswa dianalisis menggunakan program Excel.Data berupa catatan lapangan, wawancara dan foto dianalisis melalui tiga tahapan yakni: reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa meningkat melalui teknik permainan. Siswa mampu mengidentifikasi arti kata dalam bahasa Inggris. Penyusunan materi kosakata yang didasarkan pada prinsip-prinsip pengajaran kosakata membuat siswa lebih tertarik dan lebih mudah mempelajari kosakata. Pembagian LKS dapat membantu memfasilitasi pembelajaran kosakata siswa. Kegiatan yang diorganisasikansecara bervariasi yaitu secara klasikal, individu dan kelompok membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan. Peningkatan interaksi dan penggunaan bahasa Inggris di kelas mampu meningkatkan interaksi belajar dan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Inggris. Pengelolaan kelas secara optimal dapat membuat proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kosakata, permainan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2014 06:44
Last Modified: 25 Nov 2022 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11015

Actions (login required)

View Item View Item