Upaya Peningkatan Pembelajaran Bolabasket melalui Metode Pendekatan Taktik pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Pandak, Bantul

Febrianta, Yudha (2013) Upaya Peningkatan Pembelajaran Bolabasket melalui Metode Pendekatan Taktik pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Pandak, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yudha-febrianta-11711251010.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bolabasket melalui metode pendekatan taktik pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pandak, Bantul berjumlah 36 siswa. Penelitian berlangsung dari tanggal 21 Februari – 21 Mei 2013, pada semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Data dikumpulkan melalui: (1) observasi hasil belajar bolabasket dengan model pendekatan taktik, (2) observasi kelas terhadap guru, (3) observasi terhadap situasi kelas, (4) observasi terhadap perilaku siswa, dan (5) tes pengetahuan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bolabasket dilakukan melalui metode pendekatan taktik pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pandak, Bantul ada peningkatan. Pembelajaran bolabasket dengan pendekatan taktik siswa kelas VIII C selama 2 siklus meningkatkan keterampilan proses dalam bermain bolabasket dengan pendekatan taktik. Berdasarkan penilaian pada akhir siklus I, rata-rata nilai siswa 72,8. Pada akhir siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 78,0, sehingga telah melampaui KKM 71. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas saat siklus I sebanyak 17 orang (47%) ke siklus II menjadi 33 orang (96%) maka telah melampaui ketuntasan klasikal sebesar 75%. Ketuntasan klasikal dari sisi pengetahuan dapat dinyatakan sebagai berikut: hasil pretest: 16,67%, siklus I: 91,67%, dan siklus II: 100%. Rekapitulasi hasil lembar observasi perilaku siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 2,8 meningkat menjadi 3,8 pada siklus II, lembar observasi guru pada siklus I sebesar 2,9 meningkat menjadi 3,7 pada siklus II dan situasi kelas pada siklus I sebesar 2,7 meningkat menjadi 3,7 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bolabasket, metode pendekatan taktik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2014 05:09
Last Modified: 08 May 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item