Upaya Peningkatan Karakter Tanggung Jawab, Kerjasama, dan Percaya Diri dalam Permainan Bola Basket melalui Model TPSR pada Siswa Putri Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Nurina, Titis (2013) Upaya Peningkatan Karakter Tanggung Jawab, Kerjasama, dan Percaya Diri dalam Permainan Bola Basket melalui Model TPSR pada Siswa Putri Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titis-nurina-11711251023.swf

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani dalam model TPSR lebih menekankan pada kondisi siswa dan pendekatannya juga berorientasi kepada aktualisasi diri dan rekonstruksi sosial siswa di dalam pembelajaran permainan bola basket. Model pembelajaran tanggung jawab diri dan sosial memberdayakan siswa untuk lebih bertanggung jawab atas tindakan mereka, serta mengajarkan kepada siswa untuk menjadi lebih peka tentang hak, perasaan, dan kebutuhan orang lain dengan bekerjasama untuk mencapai tujuan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri siswa putri kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan model TPSR dalam pembelajaran permainan bola basket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa putri kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 yang berjumlah sembilan siswa. Analisis data menggunakan analisis diskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TPSR dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan kerjasama dalam pembelajaran permainan bola basket yang berdampak pada kepercayaan diri siswa putri kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang dapat dilihat dari peningkatan nilai keterampilan psikomotor, kognitif, dan afektif siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TTSR, tanggung jawab, kerjasama, permainan bola basket
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2014 08:23
Last Modified: 08 May 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item