Keterampilan Bermain Sepak Takraw Atlet Pelajar DIY (Studi Eksperimen pada Atlet Pelajar DIY Usia 13-17 Th)

Hananto, Hubertus Purno (2013) Keterampilan Bermain Sepak Takraw Atlet Pelajar DIY (Studi Eksperimen pada Atlet Pelajar DIY Usia 13-17 Th). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hubertus-purno-hananto-10711251024.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan koordinasi dan metode latihan terhadap keterampilan sepaksila atlet sepak takraw pelajar DIY. Secara spesifik untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan sepaksila ditinjau kemampuan koordinasi (koordinasi tinggi dengan koordinasi rendah); (2) perbedaan keterampilan sepaksila ditinjau metode latihan (antara metode latihan berpasangan dengan metode latihan bertiga; (3) ada tidaknya interaksi antara kemampuan koordinasi dan metode latihan terhadap keterampilan sepaksila pada atlet sepak takraw pelajar DIY. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan faktorial 2x2 desain blok yang masing-masing dari variabel bebas diklasifikasikan menjadi dua taraf. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet sepak takraw pelajar DIY, dan sampel diambil sejumlah 28 orang dengan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini diambil dengan teknik tes, yaitu tes kemampuan koordinasi dan tes keterampilan sepaksila. Analisis data digunakan analisis statistik parametrik, yaitu analisis variansi dua jalur (two-way anova) dan uji t antar kelompok (independent t-test), yang terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitasnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan keterampilan sepaksila ditinjau kemampuan koordinasi (antara kemampuan koordinasi tinggi dengan kemampuan koordinasi rendah) pada atlet sepak takraw pelajar DIY; (2) ada perbedaan yang signifikan keterampilan sepaksila ditinjau metode latihan (antara metode latihan berpasangan dengan metode latihan bertiga) pada atlet sepak takraw pelajar DIY; dan (3) ada interaksi yang signifikan antara kemampuan koordinasi dan metode latihan terhadap keterampilan sepaksila pada atlet sepak takraw pelajar DIY. Latihan berpasangan dengan kemampuan koordinasi rendah paling efektif dalam meningkatan keterampilan sepaksila, sedangkan latihan bertiga dengan kemampuan koordinasi tinggi paling efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Sepaksila, Kemampuan Koordinasi, Metode Latihan, Metode Berpasangan, Metode Bertiga
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2014 08:15
Last Modified: 08 May 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item