PENINGKATAN KETERAMPILAN SESORAH DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN KELAS XI IPA 1

Astarina Bekti Kusuma Dani (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN SESORAH DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN KELAS XI IPA 1. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN_KETERAMPILAN_SESORAH_DENGAN.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sesorah dengan menggunakan peta konsep SMA N 1 Prambanan Sleman kelas XI IPA1. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Prambanan Sleman sebanyak 25 siswa, dengan objek penelitiannya adalah peningkatan keterampilan sesorah dengan menggunakan peta konsep. Peneliti melakukan penelitian berkolaborasi dengan seorang guru bahasa Jawa SMA N 1 Prambanan Sleman kelas XI IPA1. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar wawancara, dokumentasi, tes, lembar catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, validitas proses, dan validitas dialogis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keterampilan sesorah siswa kelas XI IPA1 SMA N 1 Prambanan Sleman. Peningkatan terjadi setelah guru memberikan metode, strategi, cara, dan alat pembelajaran yang tepat dan efektif dengan menggunakan peta konsep dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas. Hal tersebut diketahui melalui adanya perubahan pada penguasaan materi, pelafalan, wirama, diksi, kalimat, wiraga dan wirasa siswa di kelas yang menunjukkan tindakan dan perubahan yang positif. Keberhasilan tersebut didukung juga dari peningkatan rata-rata pretest 57.04, siklus I rata-ratanya 63.36, siklus II 67.48, dan siklus III meningkat menjadi 72.16, serta sudah mencapai KKM bahasa Jawa, yaitu 70. Berdasarkan dari uraian di atas, disimpulkan bahwa penggunakan peta konsep mampu meningkatkan keterampilan sesorah bahasa Jawa kelas XI IPA1 SMA N 1 Prambanan Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Architecture
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 19 Jun 2012 08:14
Last Modified: 29 Jan 2019 13:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item