Model Senam Si Buyung untuk Pembelajaran Motorik Kasar pada Siswa Taman Kanak-kanak

Pradipta, Galih Dwi (2013) Model Senam Si Buyung untuk Pembelajaran Motorik Kasar pada Siswa Taman Kanak-kanak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-galih-dwi-pradipta-11711251032.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model senam si buyung untuk pembelajaran motorik kasar pada siswa TK. Senam si buyung yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan guru TK sebagai salah satu bentuk pembelajaran motorik kasar pada siswa TK. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas B dari TK Amal Mulia Mancasan yang berjumlah 15 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas B dari TK Purbasari Dukuhsari Kalasan yang berjumlah 45 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) angket, (2) lembar pedoman observasi senam si buyung, (3) lembar format penilaian anak. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan model senam si buyung untuk pembelajaran motorik kasar pada siswa taman kanak-kanak. Produk hasil penelitian pengembangan berupa buku RKH (rencana kegiatan harian) dan video senam si buyung yang dibuat dalam bentuk CD. Dari hasil penilaian para ahli materi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model senam si buyung yang dibuat layak digunakan untuk pembelajaran motorik kasar pada siswa TK.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 08:21
Last Modified: 08 May 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10999

Actions (login required)

View Item View Item