Pengembangan Multimedia Pendidikan Jasmani Materi Budaya Hidup Sehat untuk Sekolah Menengah Atas

Fitriadi, Arief (2013) Pengembangan Multimedia Pendidikan Jasmani Materi Budaya Hidup Sehat untuk Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arief-fitriadi-10711251038.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia pembelajaran pendidikan jasmani materi budaya hidup sehat dalam bentuk buku dan CD (compact Disk). Jenis penelitian adalah R and D (Research and Development) dengan pendekatan survei melalui tes pengukuran. Penelitian pengembangan ini melalui empat tahapan, yaitu pendahuluan (studi pustaka dan studi lapangan), tahap pengembangan, tahap Uji lapangan dan tahap desiminasi produk. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan kelas XI SMA Negeri se kabupaten Yogyakarta sebanyak 83 orang terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli tes dan evaluasi, 6 orang siswa uji coba satu-satu, 30 orang siswa uji coba kelompok kecil dan 44 orang siswa uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar kuesioner untuk siswa SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap media. Data yang diperoleh dianalisis secara deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Pengembangan multimedia pembelajaran pendidikan jasmani dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan. 2) Hasil validasi oleh ahli materi menilai ”sangat mudah”. Dari ahli media menilai ”sangat mudah”. Rata-rata hasil uji lapangan kelas X menunjukkan bahwa aspek pengoperasian CD ”baik”, aspek pembelajaran CD ”baik”, aspek pembelajaran buku ”baik”, dan aspek kemenarikan CD ”sangat mudah”. Untuk kelas XI aspek pengoperasian CD ”sangat baik”, aspek pembelajaran CD ”baik”, aspek pembelajaran buku ”baik”, dan aspek kemenarikan CD ”baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran pendidikan jasmani layak digunakan sebagai media pembelajaran maupun sumber belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Budaya Hidup Sehat
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 08:21
Last Modified: 08 May 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item