Evaluasi Kemampuan Guru dalam Mengimplementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah

Nurmin, Nurmin (2013) Evaluasi Kemampuan Guru dalam Mengimplementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurmin-11712251021.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di sekolah dasar (SD) di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah yang terkait dengan: 1) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran tematik, 2) pelaksanaan proses pembelajaran tematik, dan 3) pelaksanaan penilaian pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model Stake. Subjek penelitian ini adalah guru SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen angket divalidasi dengan “construct validity” dan lembar observasi divalidasi dengan validitas isi. Reliabilitas angket diestimasi dengan Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data implementasi pembelajaran tematik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) sebagian besar (91,2%) guru SD di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah merencanakan pembelajaran tematik termasuk kategori cukup baik. Kategori ini didasarkan pada hasil: (a) sebagian besar (97,2%) guru mengatakan bahwa kemampuan membuat perencanaan program pembelajaran termasuk kategori cukup baik, (b) sebagian besar (76,5%) guru mengatakan bahwa kemampuan melakukan pemetaaan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator termasuk kategori cukup baik, (c) sebagian besar (88,2%) guru mengatakan bahwa kemampuan membuat jaringan tema termasuk kategori baik, (d) sebagian besar (79,4%) guru mengatakan kemampuan penyusunan silabus termasuk kategori baik, dan (e) sebagian besar (97,1%) guru mengatakan bahwa kemampuan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik. 2) Sebagian besar (76,5%) guru Sekolah Dasar di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan proses pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik. Kategori ini didasarkan pada hasil: (a) lebih dari separuh (64,7)% guru melaksanakan kegiatan awal dengan kategori cukup baik, (b) lebih dari separuh (64,7%) guru melaksanakan kegiatan inti dengan cukup baik, dan (c) sebagian besar (88,2%) guru melaksanakan kegiatan akhir dengan cukup baik. 3) Sebagian besar (91,2%) guru Sekolah Dasar di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan penilaian pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik. Kategori ini didasarkan pada hasil: (a) sebagian besar (85,3%) guru melaksanakan penilaian proses pembelajaran dengan cukup baik, dan (b) sebagian besar (88,2%) guru melaksanakan penilaian hasil pembelajaran dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:35
Last Modified: 08 May 2019 14:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item