PENERAPAN MODEL THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MEMAHAMI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING (BE SMART) DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Muhammad Bakhtiar, Rivai (2014) PENERAPAN MODEL THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MEMAHAMI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING (BE SMART) DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) adalah teori yang dikemukakan oleh Venkatesh, et al. (2003) gabungan dari 8 teori-teori penerimaan teknologi sebelumnya. UTAUT memiliki empat kostruk utama yang langsung berpengaruh terhadap penerimaan pemakai dan perilaku pemakai. Keempat konstruk ini adalah 1) ekspektansi kinerja (performance expectancy), 2) ekspektansi usaha (effort expectancy), 3) pengaruh sosial (social influence), dan 4) kondisi-kondisi pemfasilitasi (facilitating conditions). Model ini selanjutnya digunakan untuk meneliti Be Smart yang merupakan Learning Management System (LMS) berbasis web. Be Smart adalah e-learning milik Universitas Negeri Yogyakarta yang berasal dari Moodle versi 1.9.15 yang sudah disesuaikan, memiliki fasilitas seperti mengelola materi perkuliahan. Penelitian ini selanjutnya akan menjelaskan tentang hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan Be Smart dengan menggunakan model UTAUT. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan teknik analisis data pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden (mahasiswa Fakultas Teknik UNY) diperoleh dengan menyebarkan kuisioner tertutup. Besarnya sampel pada penelitian yang menggunakan pendekatan PLS ini sejumlah 60 mahasiswa, dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software smartPLS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Konstruk Performance Expectancy (PE) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS); (2) Konstruk Effort Expectancy (EE) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS); (3) Konstruk Social Influence (SI) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS); (4) Konstruk Facilitating Condition (FC) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS). Selain itu koefisien variabel latent FC terhadap konstruk BIUS pada model ini memiliki nilai paling besar diantara nilai koefisien variabel latent pada model hubungan antar konstruk lainnya. Kata Kunci : Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Learning Management System (LMS), E-Learning, Be Smart, Partial Least Square (PLS)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:04
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10979

Actions (login required)

View Item View Item