ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME ANDROID “VISIT INDONESIA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERKENALKAN WISATA DAN BUDAYA INDONESIA

Umi, Fatimah (2014) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME ANDROID “VISIT INDONESIA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERKENALKAN WISATA DAN BUDAYA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

“Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah tersebut menjadi latarbelakang pengembangan game Android “Visit Indonesia”. Game Android “Visit Indonesia” merupakan media yang tepat untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia dengan cara belajar dan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game Android “Visit Indonesia” dan menganalisis kualitas serta kelayakannya sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan delapan tahap penelitian yaitu analisis kebutuhan, perancangan desain, implementasi desain, pengujian alfa, revisi, pengujian beta, perbaikan media, dan peluncuran produk. Pengujian alfa dilakukan oleh pengembang dibantu 5 ahli rekayasa perangkat lunak dan 3 ahli budaya. Pengujian beta dilakukan oleh 73 remaja. Pengujian compatibility dan performance aplikasi menggunakan tools pengembangan aplikasi Android, software Little Eye, DDMS. Pengujian functional menggunakan test case. Pengujian generic characteristic mobile app menggunakan checklist dari Sogeti dan KeepItUsable, Pengujian usability menggunakan kuesioner usability dari J.R. Lewis, dan pengujian konten materi game menggunakan checklist uji materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa game yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan layak sebagai media pengenalan wisata dan budaya Indonesia. Pengujian alfa menunjukan bahwa game memiliki kualitas baik dari aspek performance dan compatibility. Game memiliki kualitas sangat baik dari aspek functional sebesar 100%, dan aspek generic characteristic mobile app sebesar 97%, dan materi yang terkandung dalam game dinyatakan 100% valid. Pengujian beta menghasilkan nilai usability sebesar 79% dan masuk kategori layak sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia. Kata kunci : Game Android, Visit Indonesia, Wisata dan Budaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Apr 2014 03:45
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10978

Actions (login required)

View Item View Item