Karakteristik Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2008/2009

Anggraini, Deri (2013) Karakteristik Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-deri-anggraeni-08712251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan karakteristik Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Subjek penelitian ini adalah butir soal UASBN Bahasa Indonesia dan sumber datanya adalah lembar jawaban siswa atas 50 butir soal pilihan ganda. Sampel respons siswa sejumlah 655 ditentukan dengan teknik cluster sampling. Perangkat tes ditelaah tingkat kesesuaiannya dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Respons siswa terhadap perangkat tes dianalisis secara kuantitatif menurut teori tes klasik dengan program MicroCAT Iteman versi 3.00 dan teori tes modern (Rasch Model) dengan program MicroCAT Bigsteps versi 2.30. Hasil analisis melalui telaah butir soal menunjukkan bahwa perangkat tes UASBN Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2008/2009 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki karakteristik: (1) ditinjau dari aspek teoretis secara keseluruhan memiliki karakteristik yang baik karena dari 50 butir soal yang diujikan semuanya termasuk kategori baik atau 100%, baik dari aspek materi, konstruksi, maupun bahasa; (2) berdasarkan analisis teori tes klasik dengan program Itemandari 50 butir soal yaitu 11 butir soal kualitasnya baik (22%) dengan rerata tingkat kesukaran 0,759 (mudah), rerata daya beda 0,701 (sangat baik), distribusi respons yang berfungsi 32%, dan indeks reliabilitas 0,933 (andal); (3) berdasarkan analisis teori respons butir 1 parameter (Rasch model) dengan program Bigsteps menunjukkan bahwa dari 50 butir soal yaitu 39 butir soal kualitasnya baik (78%) dengan rerata tingkat kemampuan peserta 1,92 (tinggi), 49 butir soal cocok dengan model Rasch, fungsi informasi butir yang baik sebanyak 43 dari 49 butir soal (87,76%), dan butir soal yang memiliki tingkat kesukaran sedang ada 44 butir (89,80%); (4) berdasarkan tinjauan aspek teoretis dan aspek empiris, 8 butir soal berkualitas baik (16%); dan (5) butir tes yang tidak baik menurut teori tes klasik lebih banyak dibanding teori respons butir yaitu 39 berbanding 11 dengan tingkat konsistensi sebesar -0,068 (tidak konsisten).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakteristik soal, UASBN, analisis kualitatif, Iteman, Bigsteps
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:34
Last Modified: 08 Jun 2016 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10977

Actions (login required)

View Item View Item