Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta

Fredy, Fredy (2013) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fredy-11712251013.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan multimedia pembelajaran matematika pada materi Bilangan Bulat kelas IV SD yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, 2) mendeskripsikan kelayakan produk multimedia pembelajaran matematika di SD kelas IV pada materi Bilangan Bulat ditinjau dari aspek materi dan aspek media, dan 3) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran matematika kelas IV SD pada materi Bilangan Bulat ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta, yang terdiri dari 6 siswa pada uji coba beta test. Pada uji keefektifan produk melibatkan 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berasal dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen penilaian produk oleh ahli materi, ahli media, dan siswa serta instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) pengembangan multimedia ini dilaksanakan sesuai prosedur pengembangan multimedia yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan 2) kelayakan produk pada aspek materi/isi diperoleh skor sebesar 55 (kategori baik sekali), aspek pembelajaran sebesar 57 (kategori baik sekali), aspek pemrograman sebesar 51 (kategori baik), dan aspek tampilan sebesar 52 (kategori baik). Hasil uji t menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari ttabel (4,034 > 2,01), dan hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (0,57 > 0,42), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media powerpoint dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, matematika, bilangan bulat, keefektifan pembelajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:33
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10975

Actions (login required)

View Item View Item