Implementasi Heuristic Problem Solving dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika

Kristiana, Dian (2013) Implementasi Heuristic Problem Solving dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-kristiana-09712251007.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika siswa kelas IV SDN Mangkujayan I Ponorogo dalam pembelajaran matematika. Peningkatan prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika diupayakan dengan menerapkan heuristic problem solving untuk menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian adalah kelas IVA SDN Mangkujayan I Ponorogo yang berjumlah 37 siswa dan guru kolaborator. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses implementasi heuristic problem solving untuk menyelesaikan soal cerita matematika. Desain penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes prestasi belajar, hasil angket sikap siswa terhadap matematika, hasil wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan heuristik problem solving untuk menyelesaikan soal cerita matematika terjadi peningkatan prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar. Rata-rata hasil belajar siklus I 87,03 meningkat pada siklus II menjadi 93,5 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 72, 9% meningkat menjadi 91,8% pada siklus II. Sikap siswa terhadap matematika juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 81,1 dengan kriteria tinggi meningkat menjadi 86,5 dengan kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Heuristic Problem Solving, Soal Cerita, Prestasi Belajar dan Sikap Siswa Terhadap Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:34
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item