Indrawati, Delia (2013) Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika Sekolah Dasar Kelas V. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-delia-indrawati-10712251025.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media travel game sehingga diketahui : (1) kelayakan media travel game untuk pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan pecahan matematika kelas V SD, (2) keefektivan penerapan media travel game untuk pembelajaran matematika perkalian dan pembagian bilangan pecahan kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) adaptasi Dick and Carey. Tahapan penelitian terdiri dari analisis, desain, produksi, uji coba (one to one evaluation, small group evaluation, dan field evaluation) dan revisi, dan rencana pemanfaatan dan penyebarluasan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Lempuyangan I Yogyakarta. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas VC SD N Lempuyangan I Yogyakarta sebanyak 16 siswa. Uji coba lapangan utama dilakukan pada siswa kelas VA SD N Lempuyangan I Yogyakarta sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi ahli, lembar komentar siswa, lembar observasi guru, dan tes. Data dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif skala lima dan analisis Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media travel game layak digunakan untuk pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan pecahan matematika kelas V SD. Media travel game untuk pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan pecahan matematika kelas V SD terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), papan travel game, dadu, pioner, kartu pintar, petunjuk penggunaan, lembar soal dan lembar jawaban kartu pintar, lembar soal dan lembar jawaban dadu, lembar penilaian pre test dan post test. Hasil kelayakan media travel game oleh ahli materi, media dan praktisi mendapatkan penilaian “baik”. Hasil kelayakan media travel game oleh siswa dalam tahap one to one evaluation mendapatkan penilaian “baik”, tahap small group evaluation mendapatkan penilaian “baik”, dan tahap field evaluation mendapatkan penilaian “baik sekali”. Media travel game efektif digunakan untuk pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan pecahan matematika kelas V SD dengan perolehan hasil t_(hitung )= -9,764 maka H_0 ditolak, sehingga rata-rata skor pretest dan posttest adalah berbeda secara nyata/pembelajaran efektif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media travel game, matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Apr 2014 00:34 |
Last Modified: | 08 May 2019 14:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10971 |
Actions (login required)
View Item |