Wijayarto, Budi (2014) Perbandingan Kompetensi Sosial Antara Siswa Homeschooling di Solo dengan Siswa SD Reguler di SD Muhammadiyah 1, Solo. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-budi-wijayarto-11712251011.swf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi sosial anak yang mengikuti model pendidikan homeschooling dan model pendidikan konvensional. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kompetensi sosial anak yang mengikuti model pendidikan homeschooling dan sekolah reguler, Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak berusia 9-13 tahun, laki-laki dan atau perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket. Adapun angket yang digunakan adalah skala kompetensi sosial yang disusun oleh peneliti sendiri dengan mengacu pada aspek-aspek yamg dikemukakan oleh Frey and Bos (2012) hingga dihasilkan aitem sebanyak 24 aitem. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan fasilitas program SPSS 16.0 for Windows, untuk menguji apakah terdapat perbedaan kompetensi sosial anak yang mengikuti model pendidikan homeschooling dan konvensional. Teknik Independent Samples T-tes menunjukkan hasil uji-t sebesar 11,033 dengan t tabel sebesar 2.00 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan komposisi data diatas, dapat dikatakan bahwa hipotesis dapat diterima, yang berarti ada perbedaan kompetensi sosial antara anak yang mengikuti pendidikan homeschooling dengan pendidikan SD Reguler, dimana anak yang mengikuti model pendidikan homeschooling lebih tinggi kompetensi sosialnya daripada anak yang mengikuti model pendidikan reguler.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi sosial, homeschooling |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Apr 2014 00:34 |
Last Modified: | 08 May 2019 14:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10968 |
Actions (login required)
View Item |