Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media Gambar Kelas II SDN 3 Sakra Lombok Timur NTB

Azmussya'ni, Azmussya'ni (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media Gambar Kelas II SDN 3 Sakra Lombok Timur NTB. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-azmussya'ni-10712251017.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menerapkan pendekatan proses dengan media gambar di kelas II SDN 3 Sakra Lombok Timur NTB. Penerapan pendekatan proses dengan media gambar memberikan dampak yang positif bagi perkembangan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunkan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis siswa dikatakan meningkat jika ketuntasan belajar siswa dalam keterampilan menulis secara klasikal siswa mencapai rata-rata 75% . Keterampilan menulis siswa pada pra-tindakan, siklus I, sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan hasil observasi dan nilai hasil tes siswa. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan, yaitu pada siklus I indikator yang terlaksana 18 dari 28 indikator yang dinilai (Sedang), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 24 indikator dari 28 indikator yang dinilai (Baik). Berdasarkan hasil tes keterampilan menulis siswa, persentase pada pra-tindakan 63%, meningkat pada siklus I menjadi 68,3%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75%, yang artinya bahwa ketuntasan klasikal siswa telah tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, pendekatan proses, media gambar
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:34
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10966

Actions (login required)

View Item View Item