Upaya Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN Tridadi Sleman Tahun 2013

Wahyudi, Ahmad basari eko (2013) Upaya Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN Tridadi Sleman Tahun 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-achmad-basari-eko-wahyudi-11712251002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar IPS menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Tridadi Sleman. Peningkatan karakter difokuskan pada tiga aspek nilai yaitu kejujuran, kerjasama, dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru kelas IV sebagai pelaksana tindakan, peneliti sebagai observer, dan teman sejawat sebagai pembantu observasi. Jenis tindakan yang diterapkan adalah metode bermain peran dalam pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, tes hasil belajar, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan karakter siswa pada aspek kejujuran, kerjasama dan tanggung jawab. Peningkatan kejujuran, kerjasama dan tanggung jawab dari siklus I, II, dan III, kejujuran pada siklus I, II, dan III berturut-turut 42,85%, 52,9%, dan 67%. kerjasama siklus I, II, dan III memperoleh 42,14%, 51,9%, dan 62%. Sedangkan tanggung jawab pada siklus I, II, dan III secara berurutan 44,6%, 54,1%, dan 64,1%. Peningkatan hasil belajar kognitif pada siklus I, II, dan III berturut-turut 66,57, 72,92 dan 74,85. Jadi penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tridadi Kec. Sleman Kab. Sleman Tahun 2012/2013

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Karakter, hasil belajar kognitif, bermain peran, kejujuran, kerjasama dan tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:29
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10962

Actions (login required)

View Item View Item