Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Tentang HIV-AIDS untuk Layanan Bimbingan Konseling bagi Siswa SMP Negeri I Wamena

Hapernastiawati, Tine (2012) Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Tentang HIV-AIDS untuk Layanan Bimbingan Konseling bagi Siswa SMP Negeri I Wamena. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak_tine_hapernastiawati.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia berbasis komputer yang menarik untuk layanan bimbingan dan konseling; (2) mengetahui kualitas multimedia layanan bimbingan dan konseling yang dikembangkan ditinjau dari aspek media, aspek materi; dan (3) mengetahui pemahaman siswa setelah belajar dengan menggunakan multimedia layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan multimedia layanan informasi berbasis komputer untuk layanan informasi tentang HIV-AIDS, dengan langkah-langkah pengembangan adaptasi dari Borg dan Gall. Langkah-langkah tersebut adalah: pendahuluan, pengembangan, dan uji lapangan. Media ini divalidasi oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Subjek ujicoba perorangan sebanyak 3 orang; ujicoba kelompok kecil sebanyak 6 orang, dan ujicoba lapangan sebanyak 30 orang. Data pada penelitian ini diambil dengan metode angket dan observasi. Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif dan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) pengembangan media layanan informasi berupa CD (Compact Disk) pembelajaran berbasis komputer pada program bimbingan, dengan langkah-langkah: (a) analisis produk; (b) pengembangan produk awal, meliputi: penyusunan materi, pembuatan flowchart, dan storyboard; (c) uji lapangan, meliputi: ujicoba terbatas, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Media layanan informasi pembelajaran berbasis komputer ini menarik, dilihat dari unsur respon siswa terhadap media dan materi dalam layanan informasi tentang HIV-AIDS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wamena berada pada kategori sangat baik yaitu 4,40 dari skala 5; (2) kualitas produk multimedia berupa media layanan informasi berupa CD (Compact Disk) pembelajaran berbasis komputer pada program bimbingan, ditinjau dari aspek media dan aspek materi, berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi adalah sangat baik dengan rerata skor 4,64 dari skala 5; dan (3) media layanan informasi berupa CD pembelajaran berbasis komputer pada program bimbingan konseling mampu meningkatan pemahaman mengenai HIV-AIDS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wamena sebesar 58,93%; dari rerata sebelum perlakuan 62,50 meningkat menjadi 99,33 (sesudah perlakuan)

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:29
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item