Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) di SMA

Rahmat, Stephanus Turibius (2012) Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-stephanus-turibius-rahmat-10707251014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah (1) terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran dengan multimedia berbasis komputer dan pembelajaran dengan buku pelajaran PAK terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAK siswa; (2) terdapat pengaruh yang lebih baik pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan buku pelajaran PAK terhadap motivasi belajar PAK siswa; (3) terdapat pengaruh yang lebih baik pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan buku pelajaran PAK terhadap hasil belajar PAK siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Semester 2 di SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo-Flores-NTT. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar (kognitif) siswa kelas XI. Teknik analisis data meliputi: (1) statistik deskriptif, dan (2) statistik inferensial dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Uji MANOVA digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dan pembelajaran dengan buku pelajaran PAK. Sedangkan perhitungan dengan uji Bonferroni digunakan untuk melihat variabel mana yang mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAK siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran dengan multimedia berbasis komputer dan pembelajaran dengan buku pelajaran PAK terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAK siswa SMAK St.Ignatius Loyola Labuan Bajo-Flores-NTT. Hasil t-test membuktikan bahwa pembelajaran dengan multimedia berbasis komputer lebih berpengaruh positif atau lebih baik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAK Siswa SMA. Hasil ini didasarkan pada prosedur perhitungan dengan menggunakan uji Bonferroni. Pembelajaran PAK dengan menggunakan multimedia berbasis komputer lebih efektif atau lebih baik dibandingkan pembelajaran PAK dengan menggunakan buku pelajaran PAK terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAK Siswa SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Katolik (PAK)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:29
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10959

Actions (login required)

View Item View Item