Susanto, Dwi (2012) Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Alam di SD Alam Ar-Ridho Semarang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-dwi-susanto-10707251011.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis alam yang berlangsung di SD Alam Ar-Ridho Semarang, Jawa Tengah. Aspek penelitian ini meliputi; (1) kebijakan pemerintah terhadap pelaksanaan pendidikan karakter. (2) Persiapan pelaksanaan pendidikan karakter, (3) pelaksanaan pendidikan karakter, (4) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter serta cara mengatasinya. Metodologi penelitian ini adalah studi kasus tunggal holistik. Penelitian ini mendeskripsikan atau memotret gejala nyata situasi sosial secara menyeluruh, luas dan mendalam tanpa melakukan intervensi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah melalui pengelompokan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pemerintah daerah atau kota telah menerima perbedaan tentang konsep sekolah alam. Pemerintah daerah juga sedang berupaya untuk mengusulkan dana BOS dan sarana prasarana bagi penunjang kegiatan pendidikan di Sekolah Alam Ar-Ridho. (2) Persiapan pelaksanaan pendidikan karakter di Sekolah Alam Ar-Ridho meliputi: (a) menentukan materi yang dikembangkan yaitu nilai-nilai hidup (green values) yang terdiri atas karakter baik dan karakter kuat; (b) kurikulum yang dikembangkan terdiri dari pilar akhlak, pilar ilmu pengetahuan, pilar kepemimpinan dan pilar kewirausahaan; (c) pendidik mempunyai peran penting yaitu sebagai tauladan (role model) bagi anak. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter meliputi: (a) proses pembelajaran yang mengacu pada pilar kurikulum dan diintegrasikan dengan nilai-nilai hidup yang dikembangkan di sekolah; (b) budaya sekolah yang diterapkan adalah sholat berjamaah dan larangan melakukan tindakan kekerasan (No bullying police); (c) penilaian pendidikan karakter berupa raport angka, portofolio dan raport narasi; (d) sumber pendanaan, sekolah alam masih mengandalkan dari orangtua siswa dikarenakan berstatus sekolah mandiri atau swasta. (4) Faktor pendukung yang sangat besar yaitu dukungan dari orangtua siswa. Selain itu dukungan masyarakat sekitar yang berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan sekolah serta bersedia dilibatkan dalam acara-acara sekolah. Faktor penghambat yang dialami oleh sekolah adalah beban mengajar guru dan rotasi guru yang sangat cepat serta ketidakselarasan antara keinginan dan pola pendidikan orangtua dan sekolah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran Berbasis Alam |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Filsafat. Psikologi. Agama > Etika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 28 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 08 May 2019 14:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10957 |
Actions (login required)
View Item |