Hubungan Antara Proses dan Kultur Pembelajaran IPS Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Yogyakarta

Yuliantoro, Yuliantoro (2012) Hubungan Antara Proses dan Kultur Pembelajaran IPS Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuliantoro-10705251001.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara proses dan kultur pembelajaran IPS dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru IPS dan siswa SMP Negeri 3 Yogyakarta kelas VIII yang diambil dari 6 kelas masing-masing 15 siswa secara quota cluster randon sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dokumentasi (RPP dan daftar nilai ulangan dan ujian), kuesioner tidak langsung dan tertutup. Uji validitas kuesioner tentang kultur pembelajaran untuk siswa menggunakan Korelasi Product Momentpearson, serta uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil Ujicoba menunjukkan seluruh butir instrumen valid dan reliabel.Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran IPS terkait perencanaan pembelajaran menunjukkan skor 68,75 (kategori baik), pelaksanaan pembelajaran menunjukkan skor 65,63 (kategori baik), dan evaluasi pembelajaran menunjukkan skor 65 (kategori baik). Proses pembelajaran IPS yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran memiliki hubungan yang baik dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan proses pembelajaran yang baik menghasilkan hasil belajar yang baik pula. 2) Kultur pembelajaran IPS terkait dengan kepribadian dan sosial guru menunjukkan skor 71,52 (kategori baik) dan 69,19 (kategori baik) serta kepribadian dan sosial siswa menunjukkan skor 68,27 (kategori baik) dan 65,28 (kategori baik). Kultur pembelajaran IPS yang terkait kepribadian dan sosial guru dan siswa juga memiliki hubungan yang baik dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial guru dan siswa menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Hasil penelitian tentang hubungan antara proses dan kultur pembelajaran IPS menunjukkan keduanya memiliki hubungan yang baik dengan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Proses, Kultur, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Jun 2016 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item