Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Akbar, Aulia (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aulia-akbar-10705251002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas VIII MTs. Islamiyah Girirejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian ini menggunakan model bersiklus dari Kemmis & Mc. Taggart yangterdiri atas empat tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, pelaksanaan tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:(1). Penerapan Strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa secara menyeluruh menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I memperoleh skor rata-rata amatan aktivitas belajar siswa sebanyak 52,1dengan kategori “kurang, siklus II skor rata-rata amatan aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 66,6dengan kategori “cukup”,dan siklus III skor rata-rata amatan aktivitas siswa menjadi80,25dengan kategori “baik”. (2). Strategi pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar IPS. Hasil belajar IPS pada Kondisi awal dengan nilai rata-rata sebesar 55 dengan persentase siswa yang tuntas belajar mencapai sebanyak 18,75%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 60 dengan persentase siswa yang tuntas belajar mencapai sebanyak 37,5%. Siklus II nilai rata-rata meningkat lagimenjadi69, dengan persentase siswa yang tuntas belajar sebanyak 66,6%. Siklus III nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase siswa yang tuntas belajar mencapai menjadi 93,75%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual, aktivitas belajar siswa, hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:25
Last Modified: 09 Jun 2016 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10952

Actions (login required)

View Item View Item