Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Model Polya Ditinjau dari Kemampuan Penalaran, Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Matematik pada Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate

Jalal, Ariyanti (2012) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Model Polya Ditinjau dari Kemampuan Penalaran, Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Matematik pada Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ariyanti-jalan-10709251014.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah model Polya ditinjau dari kemampuan penalaran, kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dan 2) Menyelidiki pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara pendekatan pemecahan masalah model Polya dibandingkan dengan pembelajaran konvensionl ditinjau dari masing-masing kemampuan yaitu kemampuan penalaran, kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik pada siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, yang terdiri atas dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Ternate. Sampel ditentukan secara acak dengan mengundi 2 kelas dari 7 kelas X pada SMA Negeri 5 Kota Ternate. Adapun sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas XF sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan pemecahan masalah model Polya dan siswa kelas XB yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang terdiri atas soal tes kemampuan penalaran, berpikir kritis dan berpikir kreatif matematik. Bukti validitas instrumen dengan validasi isi dan validasi konstruk. Adapun estimasi reliabilitas dilakukan dengan menggunakan formula Alpha. Hasil estimasi reliabilitas instrumen pretes dan postes menunjukkan reliabel dengan nilai Alpha kemampuan penalaran 0,711 dan 0,705; berpikir kritis 0,727 dan 0,738; dan berpikir kreatif 0,824 dan 0,752. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan pemecahan masalah model Polya ditinjau dari ketiga variabel digunakan uji one samples t-test. Selanjutnya dilakukan uji Manova untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kedua kelompok, dan dilanjutkan dengan uji lanjut yaitu uji t sampel independen untuk menyelidiki apakah pendekatan pemecahan masalah model Polya lebih efektif dari pembelajaran konvensional ditinjau dari ketiga variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan pemecahan masalah model Polya efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, berpikir kritis, dan berpikir kreatif matematik siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah model Polya lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari masing-masing kemampuan yaitu kemampuan penalaran, berpikir kritis, dan berpikir kreatif matematik siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate pada materi Trigonometri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pemecahan masalah model Polya, kemampuan penalaran, berpikir kritis, berpikir kreatif matematik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:25
Last Modified: 08 May 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item