PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH DAN MEDIA MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGRI I KARANGMONCOL

Dwi Wisnu, Widiyanto (2014) PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH DAN MEDIA MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGRI I KARANGMONCOL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media interaktif berbasis flash dan media mind map pada mata pelajaran TIK kelas VII di SMP Negri I Karangmoncol; (2) Perbedaan efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis flash dan media mind map terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran TIK di SMP N I Karangmoncol. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, desain yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negri I Karangmoncol. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling didapatkan kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rerata Ngainscore kelas eksperimen sebesar 76,36 % yang termasuk dalam katagori efektif (>76%) dan untuk perhitungan rerata Ngainscore kelas kontrol sebesar 68,36 yang termasuk dalam katagori cukup efektif (56-75 %). Dan Terdapat perbedaan hasil belajar dengan nilai t-hitung sebesar 2,399 yang mempunyai arti t-hitung > t-tabel (1,99897). Dengan demikian, media pemebelajaran interkatif berbasis flash lebih efektif dibandingkan dengan media mind map terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : efektivitas, media pembelajaran interaktif berbasis flash, media mind map

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 22 Apr 2014 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10930

Actions (login required)

View Item View Item