Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berbahasa Jawa Siswa Kelas X TKR B SMK YPT Purworejo melalui Pendekatan Kontekstual

Setyowati, Herlina (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berbahasa Jawa Siswa Kelas X TKR B SMK YPT Purworejo melalui Pendekatan Kontekstual. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-herlina setyowati-10706251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan ialah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran rendah, metode pembelajaran yang digunakan cenderung ceramah, dan kualitas karangan siswa masih rendah karena mereka belum berhasil mengembangkan ide, menyusun cerita, menggambarkan karakter tokoh dan latar peristiwa, memilih kosakata, merangkai kalimat, menggunakan ejaan yang benar, dan mengungkapkan cerita dengan lancar. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran bahasa Jawa dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerita pendek berbahasa Jawa siswa dengan menggunakan pendekatan konteksual. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek siswa kelas X TKR B SMK YPT Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Mei tahun ajaran 2011/2012 dengan dua siklus dan melalui empat tahap, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah keterampilan menulis cerita pendek berbahasa Jawa melalui pendekatan kontekstual. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi, wawancara, lembar angket respon siswa, dan penugasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, cheklist, catatan lapangan, wawancara, angket respon siswa, dan penugasan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil menulis cerita pendek berbahasa Jawa. Pada proses pembelajaran motivasi belajar siswa meningkat dan proses pembelajaran tidak lagi didominasi ceramah. Peningkatan kemampuan menulis siswa dapat dilihat dari nilai tugas menulis cerita pendek berbahasa Jawa dalam setiap siklus. Nilai rata-rata pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 56,765. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,529. Nilai rata-rata siklus 1 pertemuan 2 adalah 60,393. Nilai rata-rata siklus 2 adalah 63,800. Sementara itu, nilai rata-rata posttest adalah 67,636. Dengan demikian, keterampilan menulis cerita pendek berbahasa Jawa pada siswa kelas X TKR B SMK YPT Purworejo dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, pendekatan kontekstual
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:05
Last Modified: 01 Dec 2022 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item