Analisis Pendidikan Karakter dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP

Setiawan, Erwan (2012) Analisis Pendidikan Karakter dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erwan-setiawan-10706259068.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa penelitian mengenai pendidikan karakter dalam BSE pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan karakter, (2) integrasi nilai pendidikan karakter, dan (3) teknik penyampaian nilai pendidikan karakter dalam BSE pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang kajian tekstual. Sumber data penelitian ini adalah 6 BSE pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP yang disusun oleh Atikah Anindyarini,dkk., Dwi Hariningsih, dkk., Tri Retno Murniasih & Sunardi, Sarwiji Suwandi & Sutarmo, Yulianti Setyorini & Wahono, dan Maryati & Sutopo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembacaan dan pencatatan terhadap sumber data utama. Data utama berupa verbal dalam satuan paragraf tentang nilai-nilai pendidikan karakter, integrasi nilai pendidikan karakter, dan teknik penyampaian nilai pendidikan karakter dalam BSE pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP. Analisis data dilakukan dengan metode padan subjenis inferensial. Validitas data dengan validitas semantik, sedangkan reliabilitas data dengan teknik intrarater dan interater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) BSE pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu nilai karakter manusia dalam hubungannya dengan Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan, dan bangsa. Dari kelima hubungan karakter ini, karakter manusia dalam hubungannya dengan Tuhan YME, lingkungan, dan bangsa ditemukan sebanyak 46 kali pemunculan. Di pihak lain, karakter manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri dan sesama ditemukan sebanyak 138 kali pemunculan. Seringnya pemunculan nilai karakter manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri dan sesama menunjukkan penulis buku ingin menekankan pada aspek manusia yang memiliki kehidupan pribadi sekaligus kehidupan sosial. (2) Nilai pendidikan karakter terintregasi ke dalam empat komponen keterampilan berbahasa dan bersastra, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Secara keseluruhan nilai integrasi pendidikan karakter dalam BSE pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP ini terlihat lebih banyak terdapat pada aspek keterampilan membaca dan menulis. Hal ini menunjukkan penulis buku sekolah elektronik melihat bahwa materi pada aspek membaca dan menulis lebih mudah dan lebih praktis dipergunakan dalam proses pembelajaran. (3) Teknik penyampaian nilai pendidikan karakter dalam BSE pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP, yaitu secara tersurat dan tersirat. Secara keseluruhan bentuk penyampaian nilai pendidikan karakter secara tersurat sebanyak 49,27 %, sedangkan secara tersirat sebanyak 50,72 %. Dalam penyampaian nilai pendidikan karakter ini, penulis buku tampaknya memperhatikan daya nalar peserta didik kelas IX SMP yang dinilai sudah dapat memahami hal-hal yang bersifat abstrak dan memperhatikan olah rasa mereka dalam memahami nilai-nilai karakter tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa penulis buku memperhatikan aspek kognitif dan afektif peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:05
Last Modified: 30 Nov 2022 05:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item