Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Mata Pelajaran Mathematics Pada Sekolah Dasar Bertaraf Internasional

Rizza, Chandra Mei (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Mata Pelajaran Mathematics Pada Sekolah Dasar Bertaraf Internasional. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chandra meri rizza-10706259070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Masalah penelitian ini antara lain : (1) bagaimanakah prosedur pengembangan model pembelajaran bilingual mata pelajaran Mathematics kelas 4 di SDBI Kabupaten Banjar; (2) bagaimanakah produk hipotetik model pembelajaran bilingual mata pelajaran Mathematics kelas 4 di SDBI Kabupaten Banjar; (3) bagaimanakah model akhir pembelajaran bilingual mata pelajaran Mathematics kelas 4 di SDBI Kabupaten Banjar; (4) bagaimanakah keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan pada SDBI Kabupaten Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran bilingual yang efektif untuk dilaksanakan pada mata pelajaran Mathematics kelas 4 di SDBI Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg dan Gall. Penelitian ini melibatkan 58 orang responden, terdiri atas 9 orang guru yang juga berstatus mahasiswa aktif program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2 orang dosen ahli pembelajaran bahasa Inggris, 1 orang guru pengguna di Sekolah Dasar Bertaraf Internasional Kabupaten Banjar, dan 48 orang siswa. Sebelum ditemukan produk hipotetik, disusun draf awal kemudian diajukan ke dalam focus group discussion pertama dan divalidasi oleh dosen ahli pembelajaran bahasa Inggris pertama. Kegiatan ini menghasilkan produk prototype. Selanjutnya, produk prototype diajukan ke dalam focus group discussion kedua dan divalidasi oleh dosen ahli pembelajaran bahasa Inggris kedua. Kegiatan ini menghasilkan produk hipotetik. Produk hipotetik ini divalidasi dalam dua tahap: oleh dosen ahli pembelajaran bahasa Inggris dan oleh guru pengguna di SDBI Kabupaten Banjar dengan metode PTK. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Prosedur pengembangan model pembelajaran bilingual mata pelajaran Mathematics kelas IV di Sekolah Bertaraf Internasional Kabupaten Banjar dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan dengan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, desain produk, dan pengembangan produk. (2) Produk hipotetik adalah produk hasil pengembangan dari draf awal yang telah melalui beberapa kegiatan penilaian dan revisi pada tahap desain produk. Hasil validasi oleh dosen ahli pembelajaran bahasa Inggris menunjukkan bahwa produk hipotetik mendapat skor 141 dengan nilai rata-rata 4,70 (kategori sangat baik) dan siap untuk divalidasi oleh guru pengguna. (3) Produk akhir penelitian ini adalah model pembelajaran bilingual yang diterapkan untuk mata pelajaran Mathematics pada SDBI Kabupaten Banjar. Produk akhir model menggunakan indikator-indikator kebahasaan dan sesuai dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris guru dan siswa. Produk akhir model dilengkapi dengan perangkat pembelajaran dan panduan penggunaan. (4) Ditinjau dari aspek hasil, terlihat bahwa telah terjadi perubahan yang signifikan dari hasil pre-test dan post-test siswa. Ditinjau dari aspek proses, model telah membantu meningkatkan ketercapaian indikator-indikator kebahasaan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan model pembelajaran bilingual, Sekolah dasar bertaraf internasional
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:04
Last Modified: 30 Nov 2022 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item View Item