Olahraga Bagi Penderita Pasca Stroke (Studi Kasus Peran Water Exercise Terhadap Tingkat Perubahan Gerak dan Keseimbangan Pasien Pasca Stroke)

Ravsamjani, Faridz (2012) Olahraga Bagi Penderita Pasca Stroke (Studi Kasus Peran Water Exercise Terhadap Tingkat Perubahan Gerak dan Keseimbangan Pasien Pasca Stroke). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-faridz-ravsamjani-10711251028.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dan potensi penggunaan Water Exercise Terhadap Tingkat Perubahan Gerak dan Keseimbangan Pasien Pasca Stroke. Pertanyaan penelitian ini berbunyi: Bagaimanakah peran dan potensi penggunaan water exercise terhadap tingkat perkembangan gerak dan keseimbangan pada pasien pasca stroke?. Ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan penelitian survey. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan gerak dan keseimbangan. Terapi water exercise ini dilakukan di kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta, mulai dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2012. Setiap 2 minggu setelah melakukan latihan, subyek akan diukur kemampuannya dengan menggunakan alat ukur yang telah disediakan sebelumnya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Berg Balace Scale, Manual Muscle Testing, dan Barthel Index. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan perkembangan gerak dan keseimbangan pada pasien pasca stroke. Ini ditunjukkan dari table skor dari ketiga alat ukur yang di pergunakan. UntukBerg Balance Scale terdapat peningkatan mulai dari pre-tes (31), tes I (37), tes II (41), dan tes III (47). Untuk Manual Muscle Testing, juga terdapat peningkatan 1 tingkat lebih baik. Nilai pada pre-tes dan tes I adalah 3, sedangkan pada tes II dan tes III adalah 4. Sementara untuk Barthel Index, dari keseluruhan item yang di ujikan, subjek memperoleh skor 95. Ini mengindikasikan bahwa water exercise dapat menjadi sebuah rujukan salah satu bentuk olahraga yang dapat digunakan bagi pasien pasca stroke, selain dari senam stroke dan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: water exercise, perkembangan gerak, keseimbangan
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:04
Last Modified: 08 May 2019 14:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item View Item