Upaya Meningkatkan Pemahaman Isi, Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Melalui Pendekatan Konstruktivistik di Kelas 5 SDN Pamalongan 2 Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut

Rusmini, Rusmini (2012) Upaya Meningkatkan Pemahaman Isi, Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Melalui Pendekatan Konstruktivistik di Kelas 5 SDN Pamalongan 2 Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rusmini-10712259016.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman isi, keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah menggunakan pendekatan konstruktivistik di kelas 5 SDN Pamalongan 2 Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pamalongan 2. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas 5. Tindakan kelas berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tehnik analisis deskriptif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterlibatan siswa. Untuk rata-rata tingkat keberhasilan mencapai sebesar 74.98% pada Siklus I, meningkat menjadi 100% pada Siklus II. Untuk keterlibatan siswa, rata-rata tingkat keberhasilan mencapai 77.77% pada Siklus I, meningkat menjadi 94.44% pada Siklus II. Untuk nilai hasil pemahaman isi, ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 5 % dan Siklus I sebesar 15 % belum sampai pada indikator keberhasilan yaitu 100%, namun pada Siklus II dapat mencapai ketuntasan klasikal 100%. Untuk nilai rata-rata keterampilan proses IPA, siswa dengan kategori baik pada pra siklus sebesar 5% meningkat menjadi 33.3% pada Siklus I dan meningkat menjadi 85% pada Siklus II. Sikap berpikir kritis dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini didukung data peneliti, yaitu rata-rata nilai siswa dengan kategori baik pada pra siklus sebesar 0% meningkat menjadi 33.3% pada Siklus I dan meningkat menjadi 40% pada Siklus II. Sikap ingin tahu siswa dengan kategori baik pada pra siklus sebesar 20% meningkat menjadi 55% pada Siklus I dan meningkat menjadi 100% pada Siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstrukstivisme, Pemahaman isi, keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:04
Last Modified: 08 May 2019 14:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item View Item