Model Asesmen Pembelajaran Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika SD

Sumardi, Sumardi (2012) Model Asesmen Pembelajaran Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika SD. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sumardi-027126013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan rata-rata hasil belajar matematika di SD Negeri di Sukoharjo tahun 2009, (2) mendeskripsikan peta kelemahan kognitif siswa Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan kelemahan pembelajaran matematika yang terdapat di Sekolah Dasar berdasarkan informasi UN, (4) mengembangkan model pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar melalui Assesment for Learning untuk memperbaiki pembelajaran matematika berdasarkan kelemahan yang dihadapi oleh guru dan siswa, dan (5) mengetahui hasil perbandingan nilai dengan menganalisis hasil UN SD tahun 2010 dengan hasil UN tahun 2011 Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development. produk yang dikembangkan adalah perangkat penilaian untuk pembelajaran berdasarkan kesulitan belajar siswa.Penelitian awal dilakukan di SekolahDasar se Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Dengan metode dokumentasi, diperoleh hasil UN SD, dengan melalui program ITEMAN, diperoleh informasi tentang karakteristik soal dan peta kesulitan materi pada kelompok aritmetika, geometridanpengolahan data. Berdasarkan hasil peta kesulitan tersebut dikembangkan asesmen APB (Aplikasi Prestasi Belajar) program foxpro sebagai umpan balik pada proses pembelajaran Assesment for Learningdengan strategi pembelajaran tutor sebaya. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Rrata-rata tingkat kesulitan tertinggi pada sub materi geometri dalam kompetensi dasar menentukan luas permukaan bangun ruang, sub materi aritmetika pada kompetensi dasar menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan, dan pada sub materi pengolahan data pada kompetensi dasar menentukan rata-rata hitung dan modus. (2) Pemetaan hasil UN SD di Kabupaten Sukoharjo berdasarkan kesulitan yang dihadapi siswa adalah untuk submateri aritmetika sebanyak 41,8%, geometri 39,6% dan pengolahan data 47,9%. (3) Kelemahan pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah masih berlangsungnya pembelajaran satu arah, murid kelihatan pasif, belum terbiasanya guru melaksanakan pembelajaran berdasarkan hasil ulangan. (4) Model assesmen APB mampu mendeteksi kelemahan siswa dan hasilnya dapat digunakan sebagai umpan balik pada proses pembelajaran yang memberdayakan tutor sebaya. (5) Terdapat penurunan hasil UN SD dari tahun 2010 ke 2011 yang dimungkinkan karena ketidaksesuaian beberapa indikator dan soal serta ketidakcocokan antara nomor indikator dalam kisi-kisi dan soal UN SD tahun 2011.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model asesmen, UN SD, profil diri dan profil kelas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:04
Last Modified: 27 Jul 2022 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item View Item