M. Surya, Danu Saputra (2014) HUBUNGAN PENGALAMAN KERJA DAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM STUDI (PRODI) TEKNIK ELEKTRONIKA KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SATU PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pengalaman Kerja terhadap Efektivitas Pembelajaran guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu Provinsi DIY, hubungan Keterampilan Pengelolaan Kelas yang dilakukan oleh guru terhadap Efektivitas Pembelajaran guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu provinsi DIY, hubungan Pengalaman Kerja dan Keterampilan Pengelolaan Kelas secara bersama-sama terhadap Efektivitas Pembelajaran guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu provinsi DIY. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengalaman Kerja terhadap Efektivitas Pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,656, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,430 ; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Efektivitas Pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,716, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,512 ; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengalaman Kerja dan Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Efektivitas Pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan oleh harga koefisien korelasi ganda (Ry(1,2)) sebesar 0,799 yang lebih besar dari rtabel. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,639, ini berarti bahwa 63,9% perubahan pada variabel Efektivitas Pembelajaran dapat dijelaskan oleh Pengalaman Kerja dan Keterampilan Pengelolaan Kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 03:49 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |